Home > Interface Engineering, Tips & Trick > Database to OPC (Iconics DataWorX)

Database to OPC (Iconics DataWorX)

December 1st, 2012 Leave a comment Go to comments

Pernahkah terpikirkan ketika anda mengintegrasikan sebuah sistem baru dengan existing system yang berbeda teknologi? misalkan ketika anda akan mengintegrasikan plant yang akan di monitoring yang salah satu system didalamnya menggunakan database sebagai penyimpanan data dan tidak memiliki services seperti OPC? namun anda perlu menampilkannya pada HMI? berikut ini bisa jadi sebuah solusi untuk anda..

Iconics data mining, merupakan salah satu solusi untuk menampilkan nilai database kedalam OPC. software ini dapat diunduh gratis dari Iconics website namun dengan mengisikan identitas yang jelas. dan seperti umumnya OPC, iconics data mining dapat digunakan dengan OPC client apapun. cukup menarik bukan untuk dicoba?
dengan dukungan dapat melakukan koneksi ke beberapa database, tools ini cukup powerful menurut saya pribadi. walaupun kadang kita dapat melakukan pengambilan data dari script di HMI secara langsung, tak ada salahnya kita lihat fitur apa yang ditawarkan software ini.

database yang disupport adalah:

  1. MS Access
  2. SQL Server
  3. MySQL
  4. Oracle

Berikut penampakan percobaan tools Database OPC server:

Tampilan pertama:

 

  1. Membuat koneksi database baru
  2. Pilih Advance untuk melakukan konfigurasi lebih lanjut, akan menampilkan menu seperti dibawah:
  3. Kemudian akan menjadi seperti ini:
  4. Pilih: Data Source,
  5. Klik kanan dan buat source baru akan muncul menu seperti dibawah:
  6. Beri nama, dan pilih pada radio button SQL Command /  stored procedure, kemudian pilih Edit akan muncul window query seperti dibawah coba tuliskan query sederhana
  7. Data Source telah berhasil dibuat:
  8. selanjutnya masuk ke menu Data Source yang baru dibuat dengan cara double click pada itemnya maka kita akan diarahkan untuk membuat Tag. buat nama tag dan pilih data column di database yang akan ditampilkan pada tag tersetbut.  1 Tag = 1 Column.
    dengan memilih radio button ke Specific Column kemudian pilih column yang tersedia.

Selesai, selanjutnya kita coba dari OPC Client untuk membaca nilai tersebut.


  1. No comments yet.
CAPTCHA
*