Home > Instrument & Automation > Instrument Wellhead Compressor

Instrument Wellhead Compressor

Wellhead Compressor merupakan compressor yang dipasang di wellhead yang digunakan untuk menarik gas dan mengkompresi dan dikirim ke plant.

Compressor ini digerakkan dengan tenaga diessel dan untuk tenaga listriknya menggunakan panel surya atau solar panel yang dilengkapi dengan beberapa buah baterai. Tenaga listrik tersebut digunakan untuk mengisi baterai power up mesin Compressor, dan juga sebagai sumber tenaga listrik instrument2 di WHC tersebut antara lain spotlight, proximity detector, panel Fire & Gas beserta sensor dan controller nya yang menggunakan product Detronics, MVT (multi variable transmitter) yang menggunakan Floboss 103 yang juga berfungsi sebagai Flow Computer (AGA-3 dan AGA-8), kemudian yang terakhir adalah Panel surveillance yang berfungsi melakukan pemantauan pada Wellhead Compressor tersebut. Panel Surveillance ini juga yang mengambil status flow dari floboss 103, status Running Compressor dan Fire & Gas Detection dari panel WHC, Proximity detection dan Voltage dari panel suveillance sendiri. Data tersebut dikirimkan melalui radio data ke Control Room

Detronics Gas Sensing Setup

Gas Detector Sensor

Gas Detector Sensor

Gas detector yang di gunakan merupakan product dari Detronic, alat ini berfungsi untuk mendeteksi Gas sebagai pencegah terjadinya ledakan atau kebakaran yang berasal dari kebocoran gas di compressor. pada gambar pertama merupakan sebuah mini interface yang digunakan untuk menampilkan status sensor ataupun untuk mensetup sensor. Sensor yang digunakan merupakan sensor chemical yang akan bereaksi dengan gas tertentu. Pada saat gas terdeteksi maka gas akan terukur dari resistansi sensor tersebut. Untuk mengaktifkan sensor ini perlu menunggu beberapa saat untuk sensor melakukan pemanasan pada elemen pemanas. prinsip kerja sensor ini hampir mirip dengan sensor TGS yang banyak beredar di pasaran.

Detronics Flame Detector

Detronics Flame Detector

Flame Detector atau pendeteksi api, digunakan untuk mendeteksi api atau jika terjadi kebakaran di Compressor yang akan mengumpan balikkan pada men-Shutdown compressor. Alat ini bekerja mendeteksi api dengan sensor ultraviolet dan atau Infrared karena api akan memancarkan sinar ultraviolet ataupun infrared tergantung jenis bahan/Medium yang terbakar.

FLOBOSS 103 MVT Flow Computer

Floboss 103 Merupakan Produk dari Emerson yang merupakan MVT (Multi Variable Transmitter) yang juga dapat berfungsi sebagai Flow Computer. Variable yang diukur langsung adalah Static Pressure, Differential Pressure, dan Temperature. Sedangkan Flow merupakan hasil perhitungan (AGA-3 dan AGA-8) berdasarkan variabel pengukuran dan parameter statis pada pipa (Orifice diameter, Pipa diameter, Gas Compotition, dll).  Floboss 103 menggunakan serial communication untuk berkomunikasi dengan device lain/ untuk men-setup device tersebut. Untuk komunikasi data via serial. Floboss menyediakan port COM 1 dengan tipe RS-485 dan komunikasi dapat menggunakan protokol Modbus ataupun ROC (protokol buatan Emerson). Floboss 103 juga menyediakan port serial RS-232 untuk berkomunikasi dengan Radio secara langsung.


  1. October 18th, 2011 at 20:06 | #1

    we…. bos badak mulai menunjukkan taring iki. 🙂

  2. January 22nd, 2015 at 09:14 | #2

    Permisi mas..
    Mas, saya mau tanya kalo penggunaan Gas Jack Compressor dalam tujuan menurunkan tekanan gas di dalam casing itu ada jurnal atau buku tuntunannya gak?
    Karena saya dalam tugas akhir saya membahas tentang ini, selain tujuan digunakannya wellhead compressor untuk menaikkan recovery dari sumur minyak tersebut dan memproduksikan associated gasnya..

    terimakasih sebelumnya 😀

  3. February 10th, 2015 at 18:30 | #3

    @Fandy Armanda
    mohon maaf saya gak bisa jawab… karena saya bukan orang prosesnya. saya di automation.