Home > General, Interface Engineering > Intellimax – HMI REVIEW

Intellimax – HMI REVIEW

December 1st, 2012 Leave a comment Go to comments

Intellimax merupakan salah satu produk HMI, yang menawarkan fitur unggulannya yaitu web based HMI. Intellimax merupakan produk dari Sensys yang memiliki head office di houston USA. fitur web based apakah yang ditawarkan oleh intellimax?

Intellimax merupakan Client-Server HMI, dimana Server merupakan tempat dimana intellimax di install dan client dapat mengakses HMI tersebut tanpa perlu menginstallnya di client.

Intellimax menggunakan Java sebagai engine-nya  untuk menjalankan fungsi-fungsi HMI di Client. kemudian Intellimax menggunakan MySQL untuk penyimpanan data dan historical datanya dan menggunakan Apache Tomcat sebagai web servernya.

Berikut flow data yang dapat dilakukan intellimax

Beikut tampilan Intellimax Server:

Tampilan Client:

Design time (Development Environment):

Secara Umum tampilan dan style Intellimax dapat dikatakan mirip dengan Wonderware Intouch versi 7.1 dan beberapa fitur yang letaknya mirip dengan Intouch. dengan tampilan yang dapat dibilang standard (tidak terlalu bagus) dan library simbol yang terbatas kita hanya dapat menambahkan library berupa Image/gambar ke dalam intellimax. Namun keunggulannya HMI ini dapat didevelop dari sisi client, yang mana dapat dilakukan secara multi user. Fitur-fitur standard HMI pada umumnya juga terdapat pada intellimax seperti Historian, Trend, Alarm & Event, Security, dan lain sebagainya. kemudian dengan kemampuan VBScriptnya intellimax dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh VBScript seperti koneksi ke database, menggunakan external object, dan lain sebagainya.

Fitur utama:

  • Web based
    (Khusus windows dan IE version > 6)
  • Multi Client
  • Realtime data
  • VBScript support
  • Client-server programming
    dengan memanfaatkan client server programming maka HMI dapat berinteraksi 2 arah.
  • Terintegrasi dengan KepMax OPC server yang merupakan Kepserver yang ditanamkan kedalam intellimax.
    dengan begitu sangat banyak dukungan driver yang dapat dibaca oleh intellimax tanpa perlu membeli tambahan OPC server kecuali jika akan diinstall terpisah antara Intellimax server dan  OPC server.
  • MaxObject
    merupakan fitur intellimax yang tidak ada di HMI lain yaitu untuk mendefinisikan object baru yang dapat berfungsi sesuai keinginan/kemampuan kita dalam mengembangkannya.

 

Kekurangan:

    • Fitur yang minim
      tidak ada fitur tambahan yang built in kecuali anda membuat scriptnya sendiri di intellimax. seperti alarm SMS
    • Tidak ada flexibilitas database
      database yang diguanakan adalah mysql, kita tidak dapat me-log data ke database manapun seperti ms-sql server. (Iconics dapat melakukannya) dan database Intellimax tertutup tidak dapat diakses.
    • Begitu juga alarm database tidak dapat dilog ke database lain, dan metode pembacaan dari external hanya melalui OPC AnE
    • Saat ini hanya dapat berjalan di Operating system Windows dan hanya menggunakan Internet Explorer, dan juga Versi Java 6 update 22 tidak dapat jenis lain. kelemahan ini cukup fatal, mengingat web based HMI seharusnya dapat diakses dari browser dan OS apapun

Namun dilihat dari Harganya intellimax ini cukup murah ketimbang produk lain seperti Iconics dan Wonderware, dan cukup powerful untuk Custom Integration, Custom HMI, dan yang custom-custom lainnya.

Sekian review produk HMI Intellimax semoga dapat menjadi referensi anda 🙂

 

Contoh Implementasi:
Production counter:

Plant Monitoring:


  1. Achmad Bayhaqy
    November 29th, 2013 at 18:49 | #1

    kalo ada software nya, boleh ni mas hehehe

  2. erfan
    May 19th, 2016 at 11:33 | #2

    dear mr

    i want to now can i conection my instrument merk mitsubitshi “EMU4” with this system .
    thanks

    erfan Pras

CAPTCHA
*