Home > General, PLC / DCS > PLC-SCADA VS DCS

PLC-SCADA VS DCS

October 24th, 2018 Leave a comment Go to comments

Anda pernah bingung apa itu DCS dan apa itu PLC SCADA?

DCS atau Distributed Control System adalah sebuah controller/komputer yang digunakan untuk melakukan kendali / control secara terdistribusi dalam suatu system. kemudian PLC atau Programmable Logic Controller adalah sebuah controller/komputer yang dapat di  isi program untuk melakukan logic tertentu, yang kemudian PLC ini lazim juga disebut PAC (Programmable Automation Controller) karena secara fungsi yang semakin banyak bukan hanya untuk sebuah logic, namun banyak hal.

Namun siapa yang menyangka dua barang yang berbeda pada tahun-tahun 1970-1990 ini sekarang memiliki fitur yang hampir serupa. sebelum membaha fitur, mari kita lihat sejarah awalnya tercipta DCS dan PLC.

 

Automation Market by Segment

pada gambar diatas, kita bisa melihat segment market dimana semakin ke kiri, yang dikendalikan adalah sebuah process atau analog. dan semakin ke kanan yang dikendalikan adalah sebuah Discrete atau Logic.

pada tahun 1968, PLC ditemukan pertama kali  oleh Dick Morley kemudian PLC ini dinamakan Modicon 084 (di kemudian hari Modicon di akuisisi Schneider Electric) dan dinobatkan PLC pertama di dunia. Saat itu PLC digunakan untuk menggantikan rangkaian relay-relay. dan industri yang ditargetkan adalah otomotif (saat itu Modicon dibuat untuk General Motor). setelah kesuksesan Modicon (Schneider Electric), kemudian di ikuti oleh vendor-vendor lainnya untuk membuat PLC seperti Siemense, Allen Bradley (Rockwell), Mitsubishi, omron, dan lain-lain

Modicon 184

 

Selanjutnya pada tahun 1975, Datang lah sebuah teknologi yang dinamakan DCS, dimana DCS merupakan controller process berbasis komputer (saat itu IBM 1800), karena pada saat itu teknologi minicomputer sedang populer dan berkembang pesat (saat itu mungkin disebut “mini” namun tidak untuk era tahun > 2000an) . Pada saat itu untuk pertamakalinya Honeywell dan Perusahaan Electrical Engineering Jepang yaitu Yokogawa mengembangkan DCS pertama untuk melakukan kendali process untuk menggantikan system peneumatic. sebagai gambaran jika belum pernah melihat system monitoring pneumatic yang rumit dan merepotkan, bisa dilihat pada gambar berikut:

kemudian sejak tahun 1990, teknologi DCS dan PLC semakin berkembang. dimana PLC juga memiliki banyak fitur baru dan kemampuannya bertambah pesat, dapat melakukan kendali pada sistem terdistribusi, memiliki jumlah kapasitas I/O yang banyak menyerupai DCS. demikian juga DCS, yang tidak lagi menggunakan UNIX namun beralih ke Windows Operating System dan mulai menggunakan independent controller layaknya PLC, bahkan juga melahirkan DCS untuk sekala menengah atau kecil. Setelah Honeywell dan Yokogawa, mereka di ikuti oleh Foxboro (Schneider Electric), Emerson, dan lain lain.

dengan merged nya dua teknologi PLC dan DCS, saat ini DCS dan PLC hampir dapat dikatakan barang serupa. kemudian dari market segment  pun semakin membaur dan overlapping. seperti pada gambar berikut:

 

Namun pada dasarnya PLC adalah sebuah PLC yaitu hanya sebuah Controller. sedangkan DCS merupakan kesatuan dari Controller dan Mimic display yang tidak dipisahkan. PLC hanya akan serupa dengan DCS ketika memiliki HMI atau SCADA (supervisory control and data acquisisition). dan ada hal yang paling membedakan antara PLC dan SCADA dengan DCS, yaitu pada saat Engineering, DCS lebih memudahkan engineer, tidak perlu Engineer khusus yang paham dengan logika pemrograman, atau paham dengan system control secara advance , melainkan cukup dikerjakan oleh Process engineer yang memahami process yang akan di control. dan tidak perlu dilakukan oleh banyak orang walaupun jumlah I/O mencapai puluhan ribu.  Karena pada DCS, engineeringnya lebih kearah konfigurasi bukan programming, dan pada DCS semua sudah dalam bentuk template object seperti, ibarat ketika mau membentuk gambar DCS seperti Puzzle sedangkan PLC seperti kertas polos. dan Mimic pada DCS merupakan kesatuan dari konfigurasi sedangkan pada PLC, mimic akan dikerjakan oleh SCADA / HMI yang benar benar terpisah. Namun seiring perkembangan teknologi PLC juga memiliki template-template khusus yang di bundling dengan SCADA jadi hampir serupa dengan DCS, bahkan Schneider Electric dan beberapa vendor lain juga membuat Hybrid DCS (Ecostruxure Hybrid DCS) dimana DCS menggunakan PLC sebagai Controllernya dan Engineeringnya menggunakan software yang serupa dengan DCS.

 

 

source:

http://www.schneider-electric.com

http://www.yokogawa.com

 


Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.