GSD File (Profibus/Profinet) & EDS File (EtherNET/IP)

Open DeviceNet Vendor Association

GSD file dan EDS file… Profibus membutuhkan yang namanya GSD File, dan Profinet pun tetap juga membutuhkan yang namanya GSD file. EtherNet/IP atau DeviceNet juga serupa yaitu membutuhkan file yang namanya EDS.

jadi apa sebenarnya EDS dan GSD?

EDS adalah singkatan dari Electronic Data Sheet. yaitu file yang berisi text/ASCII mengenai fungsi apa saja dari Device yang kita akan gunakan melalui komunikasi (EtherNet/IP).

Contoh file EDS jika dibuka di notepad

GSD adalah singkatan dari General Station Description, yang persis dengan EDS yaitu berisi text file/ASCII mengenai fungsi apa saja yg dapat digunakan ketika berkomunikasi dengan device menggunakan Profibus ataupun Profinet.

Contoh file GSD jika dibuka di notepad

jadi EDS atau GSD sebenarnya merupakan Driver untuk membaca Device. ibarat kita mau menggunakan Printer di komputer, kita harus menginstall driver khusus Printer dengan merek dan tipe tersebut agar dapat digunakan. begitu pula dengan Device yang mau dibaca oleh PLC menggunakan Profibus ataupun EtherNet/IP, maka membutuhkan driver berupa EDS atau GSD file.

lalu dimana si GSD dan EDS ini dimasukkan, di hardware atau di software? jawabannya di Software… lebih tepat nya di software konfigurasi/programming untuk PLC nya. jadi software tersebut yg akan me translate drivernya dan di tanamkan jadi sebuah fungsi kedalam hardware nya.

Butuh file GSD / EDS product Schneider? bisa cari di link ini

Lalu bagaimana dengan Modbus?

Modbus memiliki cara lain untuk integrasi komunikasinya…. modbus adalah protocol yang sangat sangat simpel, ini menyebabkan modbus masih banyak digunakan karena kemudahannya. Modbus memiliki Register Address yang mana jika kita hanya butuh 1 data saja, kita cukup tarik 1 atau 2 register saja. register mana yang perlu kita tarik? kita bisa baca dari buku manual nya data yang mau kita ambil ada di register berapa. jika dari PLC ke PLC kita bisa assign sesuka kita.

walaupun begitu, di era modern ini ada lagi teknologi baru yang namanya FDT / DTM. dimana dengan tools ini kita juga tidak perlu mencari lagi register modbus ada di register berapa, tapi kita cukup pilih saja data mana yang kita mau ambil, dan hebatnya dengan teknologi ini protokolnya bisa bermacam-macam, bisa EtherNET/IP, Profibus, ataupun Modbus TCP, jadi kita tidak perlu repot cari file GSD, EDS, atau manual book dari Modbus device nya. bahkan beberapa DTM menawarkan fungsi untuk bisa mengkonfigurasi device nya dari integrasi DTM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.