Komunikasi DATA [2] – Analogi Lanjut

Topic Sebelumnya :


Lanjut lagi, kita bahas mengenai Komunikasi data. kali ini kita lanjutkan lagi analogi komunikasi datanya sesuai dengan standard komunikasi data yaitu OSI Model (Open System Interconection)

Apa itu OSI ? OSI Model adalah model konseptual untuk berkomunikasi antar device. maksudnya? jadi OSI membuat konsep dan standar untuk melakukan komunikasi, jadi OSI tidaklah membuat device berkomunikasi tapi OSI membuat aturan, bagaimana setiap protokol yang dibuat/diciptakan mengikuti konsep yang dibuat oleh OSI ini.

OSI Model atau biasa disebut juga OSI Layers, adalah bagaimana pesan dari komunikasi disampaikan. berikut adalah analogi nya jika ada dua buah kereta yang masinis nya sedang berkomunikasi melalu Radio (HT), karena akan melewati jalur yang sama.

Analogi OSI Model

Nah dari analogi gambar tersebut OIS membuat model komunikasi menjadi 7 layer, seperti deskripsi diatas. tapi apakah semua protokol komunikasi harus mengikuti osi Model? jawabnya TIDAK , tapi semua protokol komunikasi akan menggunakan paling tidak beberapa layer. jadi tidak semua protokol komunikasi akan menggunakan 7 layer dari OSI model. tapi protokol komunikasi yang bagus akan menggunakan 7 layer tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.