M580 State Ram Addressing

M580 Addressing

Seperti yang kita ketahui, pada Modicon M580 pengalamatan ke hardware input / output menggunakan gaya baru yaitu Device DDT. dimana setiap kita menambahkan module, maka akan tercipta 1 variable yang isinya sudah komplit mulai dari diagnostiknya, hingga si Value nya sendiri perchannel

Berbeda dengan Modicon Quantum dan M340, PLC terdahulu sebelum M580 ini memiliki 2 cara untuk pengalamatan (addressing) ke module input output, yaitu dengan Topology Addressing dan state ram Addressing. Nah banyak programmer PLC yg sudah sangat terbiasa dengan yg namanya Stateram Addressing. Jadi apa itu state ram Addressing?

State Ram Addressing adalah pengalamatan module menggunakan Memory State Ram yaitu %i %m %iw dan %mw.

State Ram Addressing M340

Sebagai contoh, seperti pada gambar diatas misal module input saya ada 2 buah masing-masing 16chann, untuk yg pertama saya assign %i0-%i15 dan yg kedua %i16-%i32. Nah inilah pengalamatan yg di sebut state ram Addressing. Untuk di PLC selain buatan Schneider/Modicon, biasanya ada juga yg bisa menggunakan %i (input Boolean), %m (memory Boolean), %iw (input word), %mw (memory word) karena penulisan akses memory tersebut sesuai dengan standard dari IEC 61131.

State Ram Addressing Modicon Quantum

Lalu apa bedanya state ram yg digunakan oleh Modicon PLC?
– Sebagai PLC pertama didunia dan yang menciptakan protocol Modbus (Modicon bus), Protocol ini tetap menjadi native disetiap PLC buatan Schneider/Modicon. nah pengalamatan Memory pada %m %mw %i dan %iw akan berkorelasi dengan Modbus Addressing yaitu sebagai berikut:

IECIEC NameMODBUS NameModbus
Register Address
%m*MemoryCoil / output0000*
%i*InputInput Status1000*
%iw*Input WordInput Register3000*
%mw*Memory WordHolding Register4000*

Nah, karena state ram berkorelasi dengan Modbus, maka dari itu banyak yg menggunakan state ram ini sebagai pilihan pengalamatan module di versi Quantum atau M340, ketimbang menggunakan topology addressing. Alasannya? Karena ketika kita mau baca input/output tersebut dari luar PLC misal ke HMI atau SCADA ataupun PLC lain, maka kita tidak perlu melakukan mapping ulang ke address modbus. Berbeda dengan menggunakan topology yg harus di mapping lagi ke state ram jika mau dibaca melalu Modbus.

Nah, kembali lagi ke M580… State Ram Addressing tidak lagi di ijinkan, kecuali ketika kita menggunakan RIO drop Quantum. Dan bahkan Topology Addressing pun sudah tidak di support lagi ketika kita mengunnakan RIO x80. Topology addressing di M580 hanya bisa digunakan di tipe non HSBY, dan hanya di Rack lokal (yg satu rack dengan CPU atau di extend menggunakan Rack Extender XBUS)

Device DDT – Module Digital input 16 Channel

Nah, mau tidak mau….di M580 harus menggunakan yang namanya Device DDT, seperti yg sudah saya jelaskan sebelumnya. UPDATE ( Control Expert 14.1 : support stateram Addressing dari Device DDT ke %I atau %IW)

Lalu bagaimana Jika HMI/SCADA saya mau baca raw digital input dari module nya? Haruskah saya mapping ke state ram menggunakan program? Jawabanya adalah Ya! . Tapi bisa juga tidak….

Ya, jika produk scada/HMI nya diluar merek Schneider.

Tidak, jika menggunakan HMI/SCADA milik Schneider / Aveva. Seperti Wonderware Intouch, Indusoft Web Studio, Citect SCADA, ClearSCADA/GeoSCADA Expert, Machine SCADA Expert. Karena software-software ini bisa menggunakan protokol proprietary Schneider yg dikembangkan dari Modbus yaitu UMAS. Jadi UMAS ini menumpang (encapsulated) di protocol Modbus dengan Function Code 90….

UMAS (Unified Messaging Application Services) adalah proprietary protocol yang digunakan oleh PLC Modicon untuk berkomunikasi dengan OPC nya yaitu OFS (OPC Factory Server). nah ketika kita menggunakan OFS, kita bisa membaca semua variable yang ada di dalam PLC tanpa harus tau addressnya, dan tanpa harus di define addressnya menggunakan State RAM. menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published.