Cara koneksi ke PLC Panasonic dari Citect SCADA

Jadi, awalnya ini pertama saya ketemu sama PLC murmer yang tidak terlalu common, dan saya juga tertarik untuk coba komunikasi ngambil data dari PLC ini. di sisi PLC cukup di setting di Basic Communication Information dan kemudian bisa assign IP address disini. yang kedua di User Connection information setting 1…16 yang artinya ada 16 jenis koneksi yang bisa dilakukan ke PLC ini dengan port dan setting yang berbeda. kita cukup atur satu saja.

pertama kita set dulu IP nya di Basic Communication Information seperti gambar berikut:

Kemudian masuk ke setting User connection information setting 1 dan setting seperti ini atau sesuai kebutuhan. terutama di PORT dan communication Type yaitu menggunakan UDP atau TCP. (kita set menggunakan UDP)

Kemudian……..

Langkah selanjutnya adalah konfigurasi pada sisi Citect nya. seperti biasa… untuk setup koneksi ke device atau PLC paling mudah adalah menggunakan Communication Setup Wizzard.

poin utama konfigurasi nya adalah pada sisi seleksi protocol yang bukan dengan nama Panasonic melainkan Matsushita, dan menggunakan protocol TCP/IP mewtocool (walaupun nanti di setting jadi UDP/IP bukan TCP/IP)

kemudian bisa masukkan IP address PLC yang sudah di setting. kemudian tentukan Port nya (bebas asal tidak bentrok dengan port lain yang digunakan komputer dan sesuai dengan di software PLC nya). kemudian pilih UDP (saya coba menggunakan TCP tidak berhasil walau sudah di set di PLC menggunakan TCP juga)

Langkah terakhir…. kita perlu memasukkan Address secara manual di IO Device nya di Citect. seperti gambar berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *